PENGENALAN DASAR SEPUTAR DUNIA FILATELI BAGI PESERTA JAMNAS IX TAHUN 2022 KONCAB 0704 KOTA BENGKULU

 


PUSINFO KWARCAB 0704 KOTA BENGKULU-Bengkulu,

   Keceriaan para Anggota Pramuka Penggalang itu terpancar di aula Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0704 Kota Bengkulu, sebelum Kak Yovi Guantara Tanjung, S.AB., menyampaikan materi tentang prangko, sampul hari pertama (first day cover), dan sekilas dunia perfilatelian. Sebagai Kepala PUSINFO Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0704 Kota Bengkulu, Kak Yovi juga pernah menjabat sebagai Ketua Pengurus Cabang Perkumpulan Filatelis Indonesia Kota Bengkulu periode 2002-2005. Selain itu, seringkali beliau meraih berbagai medali penghargaan saat mengikuti berbagai even Pameran Filateli Nasional dan Antarbangsa era 90-an hingga 2008. Koleksi andalan beliau yang sering diikutsertakan adalah "Architecture Centurion for Mankind".

   Bukan tanpa alasan kegiatan pengenalan dasar tentang pemrangkoan dan filateli khusus diperuntukkan bagi para Pramuka Penggalang yang akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI th. 2022. Semua itu atas inisiatif Kak Helmi Al Qadri, S.E., selaku pembina pendamping putra. Kegiatan pengenalan tentang prangko dan berbagai pernak-perniknya penting diselenggarakan. Karena menurut Kak Helmi Al Qadri bahwa dalam momentum Kegiatan Jamnas XI th. 2022, akan diterbitkan prangko dan sampul hari pertama yang bertema khusus Jamnas XI th. 2022. Oleh karena itu, penting diketahui ilmu tentang prangko dan benda-benda filateli lain yang masih selaras dan masih relevan dengan tetap ada mata uji syarat kecakapan khusus (SKK) untuk memperoleh tanda kecakapan khusus (TKK) pengumpul prangko hingga saat ini. Pada kesempatan yang sama, turut hadir pula Kak Kustini Hartini, S.H., M.H., selaku pembina pendamping putri yang hadir mendampingi dan mengarahkan kegiatan tersebut. 

   Filateli sebagaimana diartikan oleh kebanyakan orang sebagai suatu kegemaran mengumpulkan prangko. Akan tetapi, sebenarnya masih lebih luas lagi pengertian yang dikandung dalam dunia perfilatelian. Secara spesifik, filateli didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang menjadi objek penelitian adalah prangko dan berbagai benda terbitan dinas pos, mempelajari seluk-beluknya, dan pengembangan koleksi beserta perjalanan sejarah perposan. Sebagai ilmu yang mendukung kemajuan sains dan teknologi, koleksi prangko tersebut diharapkan mampu menjadi suatu wahana latihan dan pengembangan proses berpikir generasi muda.

   Kegiatan pengenalan dasar prangko dan benda-benda filateli, dilaksanakan pada Hari Minggu, 24 Juli 2022 dan dimulai pada pukul 09.00 WIB. Semua peserta yang berjumlah sebanyak 16 orang menyimak materi dan berpartisipasi aktif. Banyak pertanyaan yang diajukan pada saat sesi tanya jawab. Ada pula disiapkan cinderamata bagi peserta yang bertanya maupun dapat menjawab pertanyaan yang diajukan pemateri. Usai penyampaian materi, semua peserta diberikan pula cinderamata filateli.

   Walaupun durasi waktu yang disediakan untuk pemaparan dan menggali ilmu perfilatelian cukup singkat, tentu saja pengenalan tentang prangko dan objek koleksi foto hanya sekadar "kulit ari" saja. Namun, kegiatan yang berakhir pada pukul 11.13 WIB tersebut, cukup menyita perhatian para peserta yang notabene akan diberangkatkan ke Cibubur, Jakarta Timur, dalam rangka mengikuti kegiatan Jambore Nasional XI th. 2022.[AYIK]








Posting Komentar untuk "PENGENALAN DASAR SEPUTAR DUNIA FILATELI BAGI PESERTA JAMNAS IX TAHUN 2022 KONCAB 0704 KOTA BENGKULU"