LATIHAN GABUNGAN (LATGAB) PRAMUKA PENGGALANG PANGKALAN SMPN 6, 10, 13, 20 DAN 21 KOTA BENGKULU

 


PUSINFO KWARCAB 0704 KOTA BENGKULU - Sebanyak 76 orang Pramuka Penggalang terdiri dari 5 pangkalan yaitu SMPN 6, 10, 13, 20 dan 21 Kota Bengkulu melaksanakan Latihan Gabungan (LATGAB) yang dilaksanakan di SMPN 6 Kota Bengkulu pada hari Minggu tanggal 30 Oktober 2022.


Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Mabigus SMPN 6 Kota Bengkulu Kak Septa Lena, S.Pd, beliau menyambut baik dan meriah. Dalam sambutannya Kak Septa Lena mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kakak-kakak Pembina dari 5 pangkalan karena telah melaksanakan kegiatan besar seperti ini dan menjadikan SMPN 6 Kota Bengkulu sebagai tuan rumah. Dan diakhir sambutannya beliau berpesan kepada seluruh adik-adik peserta Latgab untuk menjadikan ajang Latihan Gabungan ini sebagai ajang silaturahmi antar Pramuka Penggalang, mencari teman dan dapat bertukar ilmu, karena Latihan Gabungan yang besar seperti ini sangat jarang dilaksanakan.


Latihan Gabungan ini dilaksanakan 2 kali, yaitu Latgab 1 tanggal 30 Oktober 2022 dan Latgab 2 di tanggal 13 Nopember 2022. Latgab 1 peserta menerima materi tentang Hiking, dan di Latgab 2 nantinya seluruh peserta akan melaksanakan Hiking dari SMPN 6 Kota Bengkulu menuju yang sekaligus titik akhir di SMPN 10 Kota Bengkulu.


Kegiatan dimulai pukul 09.00 Wib dimulai dengan Upacara Pembukaan, setelah itu peserta melaksanakan Ice Breaking yang dipandu oleh Kak Julfri Jorisman Kak Darmawan, seluruh peserta latihan dibaur menjadi 4 regu putra dan 8 regu putri, membentuk regu dan pimpinan regunya sendiri. Kak Julfri meminta kepada seluruh regu supaya membentuk regu yang kompak dan terbaik, karna diakhir kegiatan Latgab 2 akan diberikan hadiah menarik kepada regu-regu yang terbaik.


Pada pukul 10.30 Wib, peserta dilanjutkan materi Pengenalan Kompas oleh Kak Azwar Rozie, seluruh peserta tampak antusias mengikuti materi tersebut, sehingga beberapa peserta ingin bergantian untuk mencoba menggunakan kompas. Dilanjutkan setelah Ishoma (Istirahat, sholat dan makan) pada pukul 13.00 Wib materi Menaksir tinggi dan lebar oleh Kak Fiki Ilahi, kak Fiki mengajak peserta untuk mencoba mempraktekkan tinggi pohon dan lebar saluran. Pada pukul 14.30 Wib materi dilanjukan oleh Kak Julfri Jorisman dengan materi Peta Pita dan Peta Perjalanan, beberapa peserta tampak antusias untuk mengerjakan dan mencoba membuat Peta.


Setelah seluruh materi selesai, pada pukul 15.30 Wib seluruh peserta melaksanakan Apel Penutupan yang dipimpin langsung oleh Kak Azwar Rozie, kak Rozie pun mengingatkan kembali kepada seluruh peserta dengan regu yang telah dibentuk agar menjadi regu yang terbaik karena di akhir kegiatan (Latgab 2) akan diberikan hadiah menarik kepada regu-regu yang terbaik. Begitupun juga tak lupa kak Rozie mengucapkan terima kasih kepada seluruh alumni dari beberapa Gugusdepan yang hadir yang telah menyempatkan dan membantu melaksanakan jalannya Latihan Gabungan dengan baik dan lancar. Akhir dari Latgab 1 ditutup dengan goyang bersama gemu famire oleh seluruh peserta. (Julfri)


















Posting Komentar untuk "LATIHAN GABUNGAN (LATGAB) PRAMUKA PENGGALANG PANGKALAN SMPN 6, 10, 13, 20 DAN 21 KOTA BENGKULU"